ASI Booster – Perlu Nggak Sih?

sanggar asi asi booster

Halo Bunda, karena banyak pertanyaan yang masuk ke Sanggar ASI terkait Booster ASI, maka kali ini kita akan bahas sebenarnya apa sih booster ASI ? Benarkah dengan booster ASI bisa memperbanyak produksi ASI ? Booster ASI terbaik itu sebenarnya apa ya ?
Simak Yuk Bunda!

Booster ASI atau bahasa medisnya laktogo/galaktogo merupakan makanan/suplemen yang dapat menambah produksi ASI menjadi lebih banyak. Banyak bunda yang berniat mencoba dan mengkonsumsi booster ASI untuk meningkatkan produksi ASI, karena dirasa semakin lama semakin sedikit saja ASI yang keluar. Padahal, untuk memperbanyak produksi ASI sudah ada hormon prolaktin yang bekerja. Cara kerjanya supply on demand / hukum permintaan dan penawaran. ASI diminta (dikeluarkan melalui hisapan bayi atau diperah), maka ASI diproduksi. Semakin banyak permintaan, semakin banyak ASI diproduksi. Jadi, jika bunda ingin produksi ASI meningkat, susui bayi sesering mungkin dan perah ya.

Rasa khawatir, cemas, takut, bahkan stres memikirkan ASI yang keluar sedikit juga penyebab bunda berpikir untuk mengkonsusmsi booster ASI. Padahal, perasaan-perasaan negatif itulah salah satu penyebab produksi ASI menurun. Karena, dalam kondisi tersebut hormon oksitosin tidak bekerja dengan baik.  Hormon oksitosin adalah hormon yang berperan dalam pengeluaran ASI, dan hormon ini bekerja jika ibu sedang dalam keadaan pikiran dan suasana hati yang positif. Jadi, supaya ASI lancar bunda harus menjauhkan perasaan negatif tersebut dan selama menyusui bunda harus santai, percaya diri, dan senyaman mungkin supaya refleks oksitosin berjalan lancar.

Mengkonsumsi jenis makanan/minuman khusus yang diyakini dapat meperbanyak produksi ASI bisa saja membantu, namun mengkomsumsi makanan apapun yang bunda sukai sejatinya akan menjadi booster ASI. Dan sebaiknya konsumsilah makanan dengan komposisi gizi seimbang dengan jumlah yang cukup. Pertimbangkan juga memilih bahan pangan lokal ya.

Booster ASI setiap bunda berbeda, karena terbentuk dari sugesti bunda sendiri, dengan membeli dan mengonsumsi jenis khusus “booster ASI”, bunda mungkin merasa tenang, nyaman, bangga, dan ada rasa kebahagiaan tersendiri. Nah, perasaan positif itulah yang sebenarnya booster ASI terbaik (hormon oksitosin bekerja).

Jadi, sebisa mungkin saat proses menyusui bunda harus rileks, santai dan senyaman munhkin ya. Bunda bisa makan dan minum apa saja yang bunda suka. Pergi ke tempat yang bunda suka untuk sekedar nonton film, ke mall, shopping, liburan ke pantai dan tempat lainnya juga bisa menjadi booster ASI. Dukungan keluarga seperti suami, orangtua juga merupakan booster ASI. Intinya, booster ASI tergantung dengan keyakinan bunda ya. Dengan yakin dan percaya bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, selalu berpikir positif dan bahagia pasti ASI lancar dan bayi senang.

Apa ASI booster bunda ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat