fbpx

Teknik Pijat Bayi

sanggar asi teknik pijat bayi

Sentuhan atau pijatan pada bayi ternyata sangat banyak manfaatnya yaa, tidak hanya bagi bayi tetapi juga bagi orang tua. Pijatan akan mempererat hubungan ibu dan bayi nya, sehingga dapat menjadi dasar yang positif bagi pertumbuhan dan perkembangan emosi fisik bayi. Sebuah penelitian lebih lanjut menemukan bahwa pijat bayi tidak hanya memberikan manfaat besar bagi tumbuh kembang fisik si kecil, namun juga memberikan manfaat besar bagi perkembangan otak, mental dan panca indera nya. Pijat bukan lagi sekedar kebiasaan kuno para dukun bayi karena manfaatnya yg telah dapt dibuktikan secara ilmiah.

 

Pijat bayi akan sangat bermanfaat jika melakukannya dengan teknik yang tepat. Pijat bayi merupakan bahasa sentuhan antara ibu atau ayah dengan bayi. Pijat bayi pada dasarnya sangat diperlukan untuk merangsang pertumbuhan otot dan saraf tubuh, karena rangsangan sentuhan kulit dengan kulit membuat bayi merasa nyaman dan relaks. Ayah Bunda bisa memijat bayi saat setelah mandi atau saat berjemur selama 10-20 menit yaa. Nah, berikut ini ada beberapa teknik memijat yang dapat Ayah Bunda lakukan dirumah.

1. Pijat kaki
pijat bagian kaki dengan memberikan tekanan lembut dari tumit sampai ujung kaki serta punggung kaki dari kata kaki sampai ke jari.
2. Pijat paha dan betis
beri usapan lembut pada pergelangan kaki sampai paha dan pinggul. tekan perlahan ke arah perut untuk membantu melepaskan gas.
3. Pijat perut
lakukan gerakan pijat “I L U” pada perut bayi lanjutkan dengan gerakan mengayuh sepeda dari atas ke bawah perut.
4. Pijat dada
dengan kedua telapak tangan buatlah gerakan dari tengah dada ke samping seolah sedang membuat gambar hati.
5. Pijat wajah
gunakan bantalan jari, tekan lembut mulai dari tengah kening bayi, kebagian luar wajahnya, lanjut ke pipinya. lalu pijat kulit kepalanya dengan membuat gerakan memutar mutar lembut.
6. Pijat tangan
pijat lembut dari pangkal lengan turun ke tangan balik dari tangan ke pangkal lengan.
7. Pijat punggung
pijatlah dengan gerakan maju mundur menggunakan kedua telapak tangan dengan gerakan mengusap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *